Akuntansi

6 Hal Penting untuk Membuat Pembukuan

By October 2, 2017 No Comments

Sumber : jurnal.id

Bisnis yang baik tentunya harus diiringi dengan pembukuan finansial yang memadai agar pengeluaran dan pemasukan usaha dapat dimonitor secara akurat. Selain itu, pembukuan yang benar juga akan bermanfaat dalam membantu mengambil keputusan dan pertanggungjawaban bisnis.

Dengan demikian, pembukuan yang benar juga merupakan hal yang sangat penting dalam memulai bisnis baru agar Anda dapat lebih menjamin keberlangsungan usaha barumu. Bagaimana cara membuat laporan keuangan yang baik agar bermanfaat bagi bisnismu? Simak hal-hal yang perlu Anda perhatikan untuk membuat pembukuan yang benar berikut ini!

1. Penggunaan dan penyampaian bahasa

Selain untuk penggunaan pribadi/internal, pembukuan juga bisa ditujukan untuk pihak eksternal, seperti petugas pajak, investor, maupun kreditur. Dengan demikian, penggunaan bahasa yang digunakan pun harus dapat menjamin bahwa informasi yang tertuang dalam pembukuan akan tersampaikan secara tepat kepada pihak-pihak yang akan membacanya.

Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan terminologi pembukuan yang sesuai dengan makna dan fungsinya masing-masing secara tepat. Pastikan juga Anda mengikutsertakan komponen-komponen yang dibutuhkan secara lengkap. Jika Anda memiliki investor asing, pastikan juga Anda menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh masing-masing pihak.

2. Mata uang yang dipakai

Dalam membuat pembukuan, pastikan Anda menggunakan mata uang yang digunakan perusahaanmu dalam menjalankan bisnis agar laporan yang Anda buat relevan dengan aktivitas keuangan yang dijalankan dan mencerminkan kondisi sebenarnya.

Namun, jika bidang usahamu melibatkan penggunaan berbagai macam mata uang dalam setiap transaksinya, seperti dalam bidang ekspor-impor, ada baiknya Anda menggunakan mata uang fungsional yang digunakan oleh banyak kalangan.

3. Update transaksi

Pembaruan data transaksi merupakan salah satu hal paling penting yang harus selalu Anda lakukan dalam pembukuan. Hal tersebut disebabkan karena transaksi keluar masuknya uang perusahaan merupakan salah satu bagian utama dari pembukuan perusahaan.

Pastikan Anda selalu menyimpan bukti transaksi, seperti nota, invoice, kuitansi, dan tidak lupa mencatat tanggal transaksi terkait agar transaksi tersebut dapat dianggap sah. Hal ini harus dilakukan dengan saksama karena kelalaian dalam pencatatan detail transaksi dapat berakibat fatal terhadap hasil akhir pembukuan.

4. Klasifikasi pengeluaran

Hal penting lain yang perlu Anda perhatikan dalam membuat pembukuan adalah membedakan transaksi keuangan pribadi dan transaksi keuangan perusahaan. Mencampur keuangan pribadi dan perusahaan merupakan kesalahan yang dapat mengakibatkan kerugian fatal karena pembukuan tidak akan menggambarkan kondisi keuangan perusahaan yang sesungguhnya.

Dengan demikian, pengambilan keputusan bisnis dan pertanggungjawabannya pun dapat menjadi kabur dan tidak relevan dengan kebutuhan perusahaan yang sesungguhnya.

5. Informasi komparatif

Pembukuan yang baik mencakup perbandingan dengan catatan keuangan pada periode-periode ataupun tahun-tahun sebelumnya. Hal ini ditujukan agar Anda dapat melihat perubahan dari kecenderungan transaksi keuangan perusahaan.

Dengan mengetahui perubahan kecenderungan tersebut, Anda dapat menganalisa perubahan yang terjadi dalam usahamu beserta dengan kebutuhan bisnis yang diakibatkannya. Dengan demikian, Anda dapat memutuskan kebijakan bisnis yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan tersebut.

6. Pertanggungjawaban isi pembukuan

Perlu diperhatikan bahwa memeriksa ulang pembukuan yang sudah dibuat merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan demi menghindari kesalahan input data. Hal ini disebabkan pembukuan dapat saja dilakukan oleh pihak eksternal yang Anda pakai jasanya.

Namun demikian, pertanggungjawaban isi pembukuan tetaplah menjadi beban manajemen perusahaan terkait. Oleh karena itu, untuk memastikan bahwa data-data yang ada dalam pembukuan terkait adalah benar, ada baiknya untuk selalu melakukan verifikasi terhadap informasi yang tertera dalam pembukuan usahamu.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk membuat pembukuan yang benar. Pastikan Anda selalu fokus saat sedang melakukan pembukuan untuk meminimalisi kekeliruan yang dapat membawa dampak fatal bagi pertumbuhan usahamu.

Perlu diingat juga kalau pembukuan hanyalah langkah awal untuk memproses akuntansi perusahaan. Pada akhirnya, seluruh data yang sudah Anda kumpulkan harus diterjemahkan melalui proses akuntansi agar kondisi finansial perusahaan terlihat dengan jelas. Kombinasi pembukuan yang benar dan proses akuntansi adalah kunci untuk mengambil keputusan-keputusan jitu berbisnis!

 

Jika Anda mengalami kesulitan dalam pembuatan pembukuan, Silahkan hubungi kami di 021-22952709. Kami selalu siap membantu Anda!

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: