Pajak

Laporkanlah SPT Badan Anda Sebelum 30 April 2019

By May 14, 2019 No Comments

Bukan hanya pajak penghasilan pribadi yang biasanya dilakukan oleh perorangan/individu, baik itu  pekerja atau pengusaha atas pendapatan yang diperolehnya selama satu tahun, pajak dari penghasilan sebuah usaha atau atas nama perusahaan juga wajib dilaporkan.

Pajak para pekerja atau perorangan biasa disebut Pajak Penghasilan (PPh) Pribadi. Nah, untuk pajak yang dipungut dari sebuah hasil usaha atau perusahaan, disebut PPh Badan.

Keduanya, sama-sama harus dilaporkan dalam penyampaian SPT (Surat Pemberitahuan) Tahunan Pajak Penghasilan (PPh) sebagai bukti Anda telah menunaikan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.

Jika penyampaian SPT Tahunan Pajak Pribadi berakhir 31 Maret setiap tahun dan biasanya diperpanjang hingga 1 April jika tanggal 31 Maret bertepatan pada hari libur, untuk pelaporan SPT Pajak Badan bakal berakhir pada 30 April setiap tahunnya.

SPT tahunan PPh Badan deadline-nya kian dekat, sebaiknya kamu jangan bermain-main terkait laporan pajak tersebut. Makin cepat dilaporkan, makin baik untuk perusahaanmu dari sisi trust dan kredibilitas. Imbasnya, prospek bisnismu di masa depan akan semakin cerah.

Pada 2017, berdasarkan data Direktorat Jenderal Pajak (DJP), sektor yang paling banyak menyumbangkan pajak adalah industri pengolahan, perdagangan, dan jasa keuangan. Jika dipresentasikan, kontribusi industri pengolahan terhadap pajak tahun lalu 31,8 persen. Kemudian sektor perdagangan dengan kontribusi terhadap pajak 19,3 persen. Diikuti sektor jasa keuangan yang beri kontribusi 14 persen.

Pajak menempati posisi yang sangat penting bagi keuangan negara, terutama dalam menjamin kelangsungan pembangunan nasional. Dengan pajak, pembangunan nasional kemungkinan akan tetap berjalan tanpa tergantung kepada sumber daya alam dan bantuan asing.

Leave a Reply

%d bloggers like this: