Pajak

Bagaimanakah Perhitungan SPT Badan Untuk Omzet Dibawah 4,8 M Setahun ?

By May 14, 2019 No Comments

PPh pasal 4 ayat 2 atau PPh final adalah pajak yang dikenakan pada wajib pajak badan maupun wajib pajak pribadi atas beberapa jenis penghasilan yang mereka dapatkan dan pemotongan pajaknya bersifat final.

Untuk cara perhitungannya berbeda-beda ya, tergantung jenis objek pajak itu sendiri.

Salah satu objek pajak pph final ini adalah; Peredaran bruto (omzet penjualan) sebuah usaha di bawah Rp 4,8 miliar dalam 1 tahun masa pajak. Untuk wajib pajak badan yang memiliki peredaran bruto dibawah Rp 4,8 Miliar dikenakan tarif pph final sebesar 0,5 % dalam 1 tahun masa pajak. (Perubahan tarif PPh Final UMKM tersebut tercantum dalam PP No. 23 Tahun 2018)

Satu alasan mengapa perhitungan pembayaran pph final ini harus sinkron antara pembayaran bulanan dengan perhitungan pada saat pelaporan? Karena, pihak perpajakan mempunyai record pembayaran bulanan kalian, jika pihak perpajakkan mengetahui hal tersebut tidak sinkron dengan pelaporan anda, anda akan diminta untuk menjelaskan mengapa ada perbedaan nominal pada yang anda bayarkan dengan yang anda laporkan. Selain diminta untuk menjelaskan, ada kemungkinan anda akan dikirimkan surat permintaan untuk merevisi laporan spt tahunan anda.

Leave a Reply

%d bloggers like this: